Senin, 10 Juni 2013

cerpen

mbahagiakan hati orang tuanya dan mencoba memberanikan diri untuk berpisah dengan orang tuanya. Namun kenyataan nya lain, hilda hanya mendapatkan 75% beasiswa dari tes tersebut. Perasaannya pun bercampur antara senang dan sedih. Senang karena dia tidak jadi kuliah di luar kota dan sedih karena tidak mendapatkan beasiswa penuh, sedangkan orang tuanya menginginkanya.”
Setelah kelulusan, Hilda rajin mencari informasi tentang perguruan tinggi yang dia inginkan. Mulai dari browsing, menanyakan ke teman-teman yang ingin melanjutkan kuliah, menanyakan ke saudara-saudaranya yang sedang kuliah maupun yang sudah lulus.
Pilihanan pun sudah ada di tangan Hilda, dia ingin melanjutkan di universitas negeri Nusantara karena bertempat tidak terlalu jauh dari rumahnya. Hilda pun mengatakan kepada orangtuanya tentang keinginan nya dan meyakinkan orangtuanya bahwa pilihannya itu terbaik dan bisa merubah keadaan lebih baik. Orangtuanya pun menyutujuinya. Perasaan nya bagaikan kupu-kupu terbang melayang-layang di taman bunga yang warnanya bermacam-macam sehingga menambah keindahan bunga di taman tersebut.
Hilda pun memulai daftar Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dengan sepupunya dan di temani teman sepupunya yang sudah kuliah di universitas yang hilda inginkan tersebut secara on line. Hilda berusaha sekuat tenaga supaya berhasil dalam seleksi tersebut, dia mulai mengurangi waktu main bersama teman-temannya untuk menggantikannya dengan waktu belajar. walaupun banyak yang mengatakan kapada Hilda bahwa yang mengikuti seleksi tersebut kemungkinan kecil untuk mendapatkannya. Di karenakan banyak yang berminat untuk masuk perguruan tinggi negeri.
Setelah satu bulan berlalu sudah saatnya Hilda untuk mengikuti mengikuti tes seleksi nasional masuk perguruan tingi tersebut. Keluarganya sangat mendukungnya. Kakak perempuan nya pun selalu ada di sampingnya, mulai dari melengkapi berkas-berkas untuk seleksi dan menghantarkan hilda ke tempat tujuan untuk tes. Tes berjalan dua hari, pagi buta hilda harus sudah berangkat supaya tidak terlambat, bagaimanapun tes tersebut sangat menentukan masa depannya.
Waktu berjalan dengan sendirinya dua bulan berlalu, tiba saat nya pengumuman test seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. Orang tua nya pun mengetahui bahwa hari itu pengumumannya.
“hilda, hari ini pengumumannya yah, ayo bunda antarkan kamu untuk melihat pengumuman” ucap bunda hilda
“hmm.. iyah bunda, tapi nanti kalau aku tidak di terima, bunda jangan marah yah, he hee” (sambil senyum) jawab hilda
“iyah.. kalau pun kamu tidak di terima bunda tidak akan marah ko”
Sebenarnya hilda sudah punya rencana jika dia tidak di terima dalam tes tersebut, dia akan menunda kuliahnya dan akan mengikuti test lagi tahun depan. Walaupun orang tua nya tidak menyutujuinya, hilda yakin jikalau gagal itu biasa dan terus berusaha itu baru luar biasa.
Ketika hilda dan bundanya sudah sampai untuk melihat pengumuman tersebut, hati hilda seperti genderang yang terus di pukul mengeluarkan bunyi yang sangat keras, perasaannya bercampur aduk, gelisah, penasaran, takut, dan sebagainya. Begitu hilda dan bundanya melihat pengumuman tersebut ternyata hilda di terima sebagai mahasiswi di perguruan tinggi yang dia impikan. Hilda pun sangat bersyukur kepada Allah yang telah mengabulkan doanya. Berterima kasih kepada keluarga yang selalu mendukungnya setiap saat untuk menggapai impiannya.
Nb: kita harus yakin bahwa sukses itu mimpi besar yang harus di wujudkan dan harapan itu seperti sebuah masa depan, apa yang Kita kerjakan sekarang adalah hasil dari apa yang ingin kita raih untuk masa depan kita.

1 komentar: